Senin, 07 November 2011

the next tecnologi



Apakah maksudnya, apakah hubungan antara lilin dengan teknologi? Bahkan berdampak pada dunia? Jangan terfokus pada gambaran sebuah lilin besar yang dapat menerangi seluruh lapisan DUNIA, tetapi mulailah berfikir pada sebuah lilin kecil yang mampu menerangi sebuah ruangan. Ruangan gelap yang sangat tergantung pada cahaya sebuah lilin. Namun, apabila lilin itu dijaga dengan baik dan dijadikan satu simpulan dengan lilin-lilin yang lain, maka satu lilin yang tadi akan menghasilkan sinaran  yang sangat luas di seluruh penjuru wilayah.


Ketika kita memperhatikan sebuah lilin yang bersinar pada suatu ruangan. Hembusan angin pada api lilin menyebabkan cahayanya memecah kegelapan ruang. Semakin kita biarkan udara liar mengusiknya, maka semakin besar kobaran apinya, semakin beradu tak memiliki arah yang tentu, bahkan dapat berimbas buruk bila ia berada di tempat yang tidak mendukung. Namun, ketika kita berusaha mendekatinya, mengenalnya, memberikan perlindungan pada apinya dari amukan udara liar, maka keramahan cahayanya pun akan muncul. Dengan ramah lilin itu memancarkan sinar-sinarnya.

Seperti sebuah lilin di atas, teknologi pun dapat digambarkan seperti sebuah lilin yang menerangi suatu ruangan. Teknologi saat ini merupakan hal yang sangat penting. Kegiatan manusia tidak bisa terlepas dari teknologi. Sesuai dengan tujuan teknologi untuk mempermudah manusia dalam melakukan pekerjaannya. Contoh gambaran betapa pentingnya teknologi yaitu bagi daerah-daerah yang masih cukup terbelakang dengan kemajuan teknologi. Masyarakat yang masih sangat awam untuk mengenal teknologi. Sebagian besar masyarakat pedalaman pulau Kalimantan belum mengenal teknologi (Internet). Teknologi juga seperti lilin kecil pada suatu ruangan. Keterbelaknagn teknologi pada suatu lapisam masyarakat juga dapat berimbas pada dunia. Karena masyarakatlah komponen utama seluruh wilayah di dunia. 

Teknologi juga memiliki komponen yang sangat sensitive seperti halnya api lilin. Apabila kita membiarkan orang yang salah mengenal teknologi, maka ia akan membahayakan orang tersebut. Bahkan mampu membahayakan orang-orang di sekitarnya. Teknologi yang dikenal tanpa arah dan tujuan yang benar dalam penggunaannya akan berakibat buruk pada lingkungan sekitar penggunanya. Akan tetapi, ketika seseorang mengarahkan tujuan penggunaan teknologi pada arah yang benar, teknologi pun akan ramah dan menghasilkan hal yang positif pula.

Sebagai contoh penggunaan teknologi saat ini, artikel ini mengkhususkan pembahasan tentang penggunaan internet di kalangan pelajar. Internet bagi kalangan pelajar saat ini, merupakan hal yang sangat penting. Bahkan sebagian besar dari pelajar menghabiskan waktunya untuk bergelut pada dunia internet, pada dunia maya yang dapat mengantarkan siapapun pada penjuru dunia. Internet mampu memberikan penerangan pada pelajar tentang kehidupan di luar negeri, kehidupan di penjuru dunia yang mustahil dapat dijangkau oleh langkah kaki, bahkan kegiatan pad alam. 

Namun, dibalik tingkat kepentingan internet di kalangan pelajar, internet menawarkan pada pelajar tentang dampak baik dan dampak buruk adanya internet. Dampak baik adanya internet yaitu dapat mempermudah menemukan informasi dalam berbagai lapisan wilayah, memudahkan dalam proses belajar, menemukan informasi di belahan dunia dengan mudah dan praktis, menambah jaringan persahabatan dengan teman-teman yang terletak di daerah berbeda bahkan Negara lain, meningkatkan kreatifitas pelajar dalam bidang teknologi, meningkatkan prestasi dan bakat pelajar dalam bidang teknologi. Hal ini sejalan dengan tujuan COMPUTINGCUP 2011 yang menawarkan pada pelajar untuk ikut berkompetisi dalam berbagai lomba yang bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas pelajar dalam bidang teknologi. Dengan mengikuti kompetisi tersebut, banyak hal baru yang dapat diperoleh, pelajar bisa menambah wawasan tentang short animation, ide aplikasi, aplikasi, blogging. 

Di samping dampak positif tersebut, internet juga dapat menimbulkan dampak yang buruk. Apabila tidak diarahkan pada tujuan yang baik. Internet dapat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar